Penyakit Flu

penyakit-flu

Penyakit Flu –  Flu atau influenza disebabkan oleh adanya virus yang menyerang sistem pernafasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan dan paru-paru. Umumnya gejala flu ini dimulai dengan demam pada tubuh, sakit kepala, bersin-bersin, nafsu makan berkurang dan sakit tenggorokan.

Untuk masa inkubasi virus flu ini termasuk sangat singkat. Biasanya anda akan mengalami gejala flu ini selama 2-3 hari saat pertama kali terserang infeksinya. Flu akan lebih munalar pada hari ke 3-7 di hari berikutnya.

Banyak orang yang menganggap Flu sama dengan pilek karena beberapa gejala yang dimilikinya, namun hal ini kurang tepat karena flu itu memiliki jenis virus yang berbeda dengan pilek. Selain itu juga flu memiliki masa inkubasi yang cukup singkat serta gejala yang lebih parah sehingga akan mengganggu aktivitas penderitanya.

Lalu untuk serangan pilek biasanya memiliki gejala yang lebih ringan sehingga tidak akan begitu mengganggu aktivitas penderitanya.

Langkah dalam mengobati penyakit Flu

Biasanya untuk mengobati penyakit flu ini tidak membutuhkan dokter, karena penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Ada beberapa langkah pengobatan mandiri yang dapat anda lakukan untuk mempercepat masa penyembuhan dari penyakit ini, yaitu dengan cara istirahat cukup, banyak minum dan menjaga tubuh agar selalu hangat.

Jika flu yang anda rasakan cukup parah, anda dapat meminum obat paracetamol dan ibuprofen yang biasanya banyak di jual di apotek. Anda tidak perlu mengkonsumsi antibiotik karena penyakit flu ini disebabkan oleh virus dan bukan disebabkan oleh bakteri.

Komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Flu :

Flu ini jarang sekali menyebabkan komplikasi penyakit yang serius. Walau begitu, resiko untuk terserang infeksi ini memang cukup tinggi di kalangan anak-anak, ibu hamil, manula, penderita penyakit serius, diabetes dan orang-orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Langkah untuk mencegah penyaki Flu

Virus flu ini biasanya akan dengan mudah menyebar dari butiran liur yang dikeluarkan penderita penyakit ini saat dirinya bersin atau batuk. Selain itu juga media-media yang sudah terjangkit juga dapat menularkan virus tersebut.

Langkah awal yang paling penting untuk diambil adalah dengan menjaga kebersihan. Cara lain untuk pencegahannya adalah dengan cuci tangan sebelum makan serta untuk yang naik kendaraan umum sebaiknya menggunakan masker sehingga tidak mudah tertular virus ini dari orang lain.

Langkah lainnya adalah dengan cara vaksinasi, namun cara yang satu ini adalah cara yang dapat digunakan kepada orang yang yang sangat rentan dengan komplikasi flu.

Gejala flu ini umumnya akan dapat berkembang hanya dalam kurun waktu 3 hari, dengan gajala seperti demam, pegal-pegal disekujur badan, batuk kering, sakit kepala, mudah lelah, menggigil, sakit tenggorokan dan bersin-bersin serta hidung tersumbat, sulit tidur, dan nafsu makan berkurang.

Orang yang terserang Flu ini biasanya akan pulih kembali dalam waktu kurang dari 1 minggu. Namun ada juga beberapa orang yang akan tetap mengalami batuk dan rasa lelah hingga beberapa minggu ke depan.

Anda dapat melakukan pengecekan ke dokter jika :

Anda merupakan golongan orang-orang yang rentan akan komplikasi flu, seperti ibu hamis, manula dan penyakit kronis lainnya.

Gejala flu anda tidak juga kunjung reda dalam beberapa hari dan malah bertambah parah atau belum juga sembuh hingga sudah 7 hari.

Comments are closed